Berita

Buka Dialog Tokoh Agama dan Ormas Islam, Kakankemenag sentil paham / aliran keagamaan menyimpang

Kamis, 13 Juni 2024 10:37 WIB
  • Share this on:

Pohuwato (Kemenag.go.id) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pohuwato melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar Dialog Tokoh Agama dan Ormas Islam, Kamis (13/06/2024) bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan di hadiri langsung Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pohuwato, H. Rais Abaidata didampingi Plt. Kepala Seksi Bimas Islam, Saiful Annam.

Memberikan sambutan, Kakankemenag Pohuwato menyampaikan kegiatan dialog diharapkan dapat melahirkan langkah konkret dalam mewujudkan kerukunan umat beragama, moderasi beragama dan menangkal munculnya aliran / paham keagamaan yang menyimpang dari ketentuan Islam.

“ Di era keterbukaan pada saat ini, kita banyak melihat banyak muncul aliran ataupun paham keagamaan yang menyimpang. Salah satu faktor penyebab, pemahaman tentang ilmu agama yang hanya berdasarkan penafsiran tanpa di dukung keilmuan yang memadai. Dan hal ini pernah terjadi di Kabupaten Pohuwato sehingganya butuh peran dari tokoh agama, ormas islam, penyuluh dan kepala KUA dalam menangkal munculnya aliran / paham keagamaan yang menyimpang “ terang Rais.

Kakankemenag menambahkan ketika aliran ataupun ormas dalam melaksanakan akidah tidak sesuai dalil sebagaimana dalam Al Quran dan Sunnah, menafsirkan Al – Quran tidak berdasar kaidah tafsir, mengingkari Nabi Muhammad SAW sabagai Nabi terakhir dan mengurangi / menambah pokok – pokok ibadah yang telah ditetapkan sesuai syariah maka dipastikan bahwa ormas tersebut sesat / menyesatkan.

Turut hadir sebagai pemateri, Wisno Pakaya dari Komisi Fatwa MUI Kabupaten Pohuwato, Mohamad Zikyan Nawawi dari pengurus NU Kabupaten Pohuwato, Risman Ibrahim dari Pimpinan BAZNAS Kabupaten Pohuwato, dan Kepala KUA se Kabupaten Pohuwato. (Humas)

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -